PENERAPAN METODE FUN LEARNING BERBANTUAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I MIN 2 KUBU RAYA TAHUN AJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ma'ruf, Ma'ruf
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.advisor Dulhadi, Dulhadi
dc.contributor.advisor Resvan, Resvan
dc.contributor.author Fadilah, Ismatul
dc.date.accessioned 2025-01-31T08:52:35Z
dc.date.available 2025-01-31T08:52:35Z
dc.date.issued 2024-12-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5867
dc.description.abstract ISMATUL FADILAH. Penerapan Metode Fun Learning Berbantuan Media Big Book Untuk Meningatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 MIN 2 Kubu Raya Tahun Ajaran 2023/2024. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tahun 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan : 1) Kemampuan membaca permulaan peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas I sebelum menggunakan metode Fun Learning berbantuan media Big Book di MIN 2 Kubu Raya tahun ajaran 2023/2024. 2) Langkah-langkah penerapan metode Fun Learning berbantuan media Big Book pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I MIN 2 Kubu Raya tahun ajaran 2023/2024. 3) Kemampuan membaca permulaan peserta didik setelah menggunakan metode Fun Learning berbantuan media Big Book MIN 2 Kubu Raya tahun ajaran 2023/2024. 4) Peningkatan kemampuan membaca permulaan peserta didik setelah menggunakan metode Fun Learning berbantuan media Big Book MIN 2 Kubu Raya tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari II siklus dengan 4 tahapan yaitu rancangan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, Tes, dan dokumentasi. Metode yang digunakan peneliti dalam menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif . Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I MIN 2 Kubu Raya yang berjumlah 25 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa: 1) Hasil Observasi pra tindakan didapatkan data pada nilai rata-rata kemampuan membaca permulaan peserta didik sebesar 52.96 dengan presentase peserta didik tuntas 24% (6 peserta didik) dikategorikan tuntas. Langkah-langkah penerapan metode Fun Learning berbantuan media Big Book pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I MIN 2 Kubu Raya tahun ajaran 2023/2024. 3) Berdasarkan hasil dari siklus I didapatkan data pada kemampuan membaca permulaan peserta didik dengan rata-rata sebesar 68.32 dengan presentase peserta didik tuntas 60% (15 peserta didik) yang dikategorikan tuntas. Sedangkan pada siklus II didapatkan data pada kemampuan membaca permulaan peserta didik dengan rata-rata sebesar 86.36 dengan presentase peserta didik tuntas 96% (24 peserta didik) yang dikategorikan tuntas, dan 4) Terjadi peningkatan persentase rata-rata pada pra tindakan sebesar 52.96 meningkat menjadi 68.32 pada siklus I kemudian meningkat lagi menjadi 86.36 pada siklus II. Peningkatan jumlah peserta didik yang tuntas pada kemampuan membaca permulaan pra tindakan sebesar 24% meningkat menjadi 60% pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 96% pada siklus II. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Fun Learning en_US
dc.subject Big Book en_US
dc.subject Kemampuan Membaca Permulaan en_US
dc.title PENERAPAN METODE FUN LEARNING BERBANTUAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I MIN 2 KUBU RAYA TAHUN AJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account