PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI SEGIEMPAT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR PADA PESERTA DIDIK KELAS' VII SMPN 4 BATU AMPAR

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahidah, Andina Nurul
dc.contributor.advisor Sarassanti, Yumi
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.advisor Rustanuarsi, Ressy
dc.contributor.author Irnawati, Irnawati
dc.date.accessioned 2025-01-30T03:50:34Z
dc.date.available 2025-01-30T03:50:34Z
dc.date.issued 2025-01-14
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5842
dc.description.abstract IRNAWATI. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Segiempat terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 4 Batu Ampar. Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini secara khusus terbagi menjadi dua. Pertama, untuk memerincikan penggunaan aplikasi segiempat dalam pembelajaran matematika bangun datar pada peserta didik kelas VII SMPN 4 Batu Ampar. Kedua, untuk membuktikan pengaruh penggunaan aplikasi segiempat terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar pada peserta didik kelas VII SMPN 4 Batu Ampar. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Posttest-Only Control Group. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik population sampling. Populasi yang digunakan adalah semua peserta didik kelas VII di SMPN 4 Batu Ampar dengan jumlah 47 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Tes; (2) teknik observasi; (3) teknik dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yakni (1) tes; (2) lembar observasi; (3) dokumentasi. Instrumen yang digunakan telah melalui uji validitas dan reliabiatas. Teknik analisis data menggunakan (1) uji prasyarat yaitu uji normalitas kelas kontrol sig (0,432) dan kelas eksperimen sig (0,833), selanjutnya uji homogenitas sig (0,749); (2) uji hipotesis yakni uji independent sample t-test sig (2-tailed) 0,001. Hasil penelitian ini telah menjawab semua tujuan penelitian. Pertama penggunaan aplikasi segiempat dalam pembelajaran matematika materi bangun datar pada peserta didik kelas VII SMPN 4 Batu Ampar memiliki hasil pengamatan 100% telah terlaksanakan;, yaitu (1) tampilan awal pada aplikasi segiempat, lalu klik icon start untuk diarahkan pada slide berikutnya; (2) slide kedua, diberikan tampilan berupa bangun datar segiempat disini terdapat kuis pada pojok kanan atas jika ingin mengetes kemampuan awal dalam memahami materi bangun datar, pada icon pojok terletak disebelah kiri digunakan untuk kembali pada menu sebelumnya. Jika kita mengklik icon persegi atau yang lainnya, maka kita akan diarahkan ketampilan slide berikutnya; (3) selanjutnya, terdapat tiga tampilan yang mana bisa diklik yaitu sifat, keliling dan luas; (4) slide keempat jika pada slide sebelumnya kita mengklik sifat-sifat maka akan menampilkan sifat-sifat bangun datar segiempat yang kita cari; (5) jika pada slide ketiga kita mengklik keliling maka slide berikutnya menampilkam rumus dan simulasi dari bangun datar tersebut; (6) dan yang terakhir jika mengklik luas pada tampilan sebelumnya maka slide berikutnya menampilkan rumus luas dan simulasi dari bangun datar tersebut. Kedua terdapat pengaruh penggunaan aplikasi segiempat terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar pada peserta didik kelas VII SMPN 4 Batu Ampar sig (0,001 ). en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Aplikasi Segiempat en_US
dc.subject Hasil Belajar Matematika en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI SEGIEMPAT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR PADA PESERTA DIDIK KELAS' VII SMPN 4 BATU AMPAR en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account