PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL DI SDN 09 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.advisor Sari, Nopita
dc.contributor.advisor Sahrani, Sahrani
dc.contributor.advisor Janah, Roikhatul
dc.contributor.author FADILLAH, FADILLAH
dc.date.accessioned 2025-01-30T01:22:11Z
dc.date.available 2025-01-30T01:22:11Z
dc.date.issued 2024-12-30
dc.identifier.citation Apa Style en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5825
dc.description.abstract FADILLAH. Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Pada Mata Pelajaran IPAS Di SDN 09 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Kecerdasan interpersonal peserta didik di kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN 09 Pontianak Barat Tahun Ajaran 2023/2024. 2) Kecerdasan Interpersonal peserta didik di kelas eksperimen yang diberikan perlakuan Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPAS di SDN 09 Pontianak Barat Tahun Ajaran 2023/2024. 3) Peningkatan hasil Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournamet (TGT) untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal pada mata pelajaran IPAS di SDN 09 Pontianak Barat Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Post-test Only Control Design. Adapun lokasi penelitian yaitu di SDN 09 Pontianak Barat. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar angket (post test). Serta untuk pengolahan data dengan menggunakan aplikasi Software SPSS versi 26 dengan Analisis Deskriptif dan Analisis Regresi. Berdasarkan Uji Analisis Deksriptif Statistik dan Uji Analisis Regresi Sederhana dengan menggunakan SPSS versi 26, diperoleh hasil yaitu: 1) Kecerdasan Interpersonal peserta didik untuk kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 44,16 yang diolah secara persentase sebesar 76,13% dan termasuk pada skor skala pengukuran kecerdasan interpersonal dalam kategori tinggi. 2) Kecerdasan Interpersonal peserta didik untuk kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 49,96 yang diolah secara persentase sebesar 86,13% dan termasuk pada skor skala pengukuran kecerdasan interpersonal dalam kategori sangat tinggi. 3) Hasil Uji Hipotesis melalui regresi linier sederhana diperoleh bahwa nilai signifikansi koefisien regresi sebesar ≤ 0,002 < 0,05 (alpha), maka keputusan Ho ditolak Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournamen (TGT) Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Pada Mata Pelajaran IPAS di SDN 09 Pontianak Barat. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) en_US
dc.subject Kecerdasan Interpersonal en_US
dc.subject IPAS en_US
dc.title PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL DI SDN 09 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account