dc.description.abstract |
Novi Nabila (12015045), Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap
Minat Beli Mahasiswa Prodi Manajemen Bisnis Syariah FEBI IAIN Pontianak
Secara Offline/Online Pada Produk Pakaian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial
instagram terhadap minat beli mahasiswa prodi Manajemen Bisnis Syariah
IAIN Pontianak secara offline/online pada produk pakaian. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, dengan pendekatan
kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Bisnis Islam IAIN
Pontianak. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 84 mahasiswa aktif
angkatan 2020-2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
kuesioner berupa angket yang disebarkan melalui google form.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) media sosial instagram
berpengaruh terhadap minat beli mahasiswa prodi manajemen bisnis syariah
IAIN Pontianak, dilihat pada uji regresi linier sederhana yaitu nilai signifikan
0,04 < 0,05 dan pada uji t nilai signifikan 0,00 < 0,05 serta t hitung 7,123 >
1,989 t tabel. 2) Influencer berpengaruh terhadap minat beli karena jawaban
dengan persentase terbesar memilih setuju yaitu dari 84 responden 38 orang
menjawab setuju dengan persentase 45,2. 3) Untuk mempengaruh minat beli
peran media sosial instagram yaitu dengan memudahkan pengguna
memperoleh informasi tentang status produk, menyediakan fitur untuk
memudahkan pengguna mencari informasi produk dan memberikan promosi
yang baik. 4) Pada pengujian koefisien determinasii (R2) didapatkan nilai R2
pada penelitian ini sebesar 0,618 maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh
variabel X terhadap variabel Y sebesar 61,8%. |
en_US |