KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 4-6 TAHUN MELALUI TEKNIK DONGENG CERITA BERGAMBAR DI TK MUJAHIDIN 1 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022-2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yusdiana, Yusdiana
dc.contributor.advisor Shobikah, Nanik
dc.contributor.advisor Aditya, Farninda
dc.contributor.advisor Azzahra, Nurma Annisa
dc.contributor.author AGUSTINA, AGUSTINA
dc.date.accessioned 2024-07-01T08:21:59Z
dc.date.available 2024-07-01T08:21:59Z
dc.date.issued 2023-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4798
dc.description.abstract AGUSTINA, Kemampuan Menyimak Anak Usia 4-6 Tahun Melalui Teknik Dongeng Cerita Bergambar di TK Mujahidin 1 Pontianak tahun pembelajaran 2022-2023: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) kemampuan menyimak anak usia 4-6 tahun sebelum diterapkan pembelajaran menggunakan teknik dongeng cerita bergambar di TK Mujahidin 1 Pontianak. 2) penerapan pembelajaran menggunakan teknik dongeng cerita bergambar yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan menyimak pada anak usia 4-6 tahun di TK Mujahidin 1 Pontianak. 3) kemampuan menyimak anak usia 4-6 tahun sesudah diterapkan pembelajaran menggunakan teknik dongeng cerita bergambar di TK Mujahidin 1 Pontianak. 4) peningkatan kemampuan menyimak pada anak usia 4-6 tahun setelah diterapkan pembelajaran menggunakan teknik dongeng cerita bergambar di TK Mujahidin 1 Pontianak. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data primer data yang diperoleh langsung dari lapangan menggunakan cara, wawancara, observasi lapangangan dan data data mengenai imforman. Data primer diproleh dari 2 orang guru, dan siswa di kelas B2 TK Mujahidn 1 Pontianak, Sumber data sekunder dari penelitian ini adalah data yang diperoleh dengan pengkajian pustaka baik dari tata cara pembelajaran, sistem pembelajaran, sumber-sumber lain seperti buku cerita bergambar, artikel. Hasil penelitian menunjukkan 1) kemampuan menyimak sebelum diberi perlakuan belum sepenunya berkembang dilihat dari pra siklus dari jumlah anak yang di teliti Di kelas B2 sebanyak 20 Siswa dan yang BB13 anak, 65% MB 6 anak 30% BSH1 anak 5% BSB 0 anak, 0%. 2) Penerapan media Buku Cerita Bergambar dalam kegiatan pembelajaran kelas B2 terdiri dari 4 tindakan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. 3) Kemampuan menyimak anak di kelas B2 TK Mujahidin 1 Pontianak setelah menggunakan Teknik dongeng cerita bergambar adanya peningkatan dapat dapat di lihat dari hasil siklus I dan II. Hasil siklus I, BB ada 7 orang anak 35%, MB ada 9 orang anak 45%, BSH ada 3 orang anak 15%, BSB ada 1 orang anak 5%. Hasil siklus II, BB ada 0 orang anak 0%, MB ada 2 orang anak 10%, BSH ada 10 orang anak 50%, BSB ada 8 orang anak 40%. 4) Hasil mpenelitian memaparkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas B2 TK Mujahidin 1 Pontianak. Hal ini dapat diketahui dari pra siklus, dari jumlah anak yang di teliti Di kelas B2 sebanyak 20 Siswa dan yang BB 13 anak, 65% MB 6 anak 30% BSH 1 anak 5% BSB 0 anak, 0%. Dan siklus I, BB 7 Anak 35% MB 9 Anak 45% BSH 3 Anak 15% BSB 1 Anak 5%. Siklus II, yang BB 0 Anak 0% MB 2 Anak 10% BSH 10 Anak 50 % BSB 8 Anak 40 %. Dengan demikian hasil penelitian di TK Mujahidin 1 Pontianak telah mencapai ketuntasan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kemampuan Menyimak en_US
dc.subject teknik dongeng en_US
dc.subject Cerita Bergambar en_US
dc.title KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 4-6 TAHUN MELALUI TEKNIK DONGENG CERITA BERGAMBAR DI TK MUJAHIDIN 1 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022-2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account