Abstract:
Latar belakang penelitian ini adalah persaingan dunia perbankan yang semakin
global, strategi pemasaran pada produk dana pensiun sendiri masih kurang.
Kekurangnnya adalah dalam pemasarannya tidak salah tetapi tidak efektif, salah satu
penyebabnya karena mencari nasabahnya kurang besar atau kurang bersifat masal.
Penelitian ini bertujuan: bagaimana implementasi strategi bauran pemasaran
dalam meningkatkan daya tarik nasabah pada produk dana tabungan dan produk
pembiayaan dana pensiun PT Bank Syariah Mandiri KCP Pontianak Ahmad Yani
Kota Pontianak?
Kesimpulan Penelitian ini yaitu: 1) Strategi funding produk dana pensiun pada
PT Bank Syariah Mandiri KCP Pontianak Ahmad Yani di Kota Pontianak adalah
dengan menggunakan Marketing Mix 4P, di antaranya yaitu: a.)
Product (Produk), dari segi adalah dengan memberikan tabungan
khusus pensiun pada produk dana pensiun ini; b.) Price (Harga) dari
segi harga adalah dengan cara memberikan bagi hasil pada
tabungan pensiun sehingga nasabah mendapatkan keuntungan
karena menggunakan akad mudharabah mutlaqah; c.) Promotion
(Promosi) dari segi promosi
adalah dengan cara advertising
(periklanan) pada tabungan pensiun periklanan hanya dilakukan
dengan memasang baleho dan belum ada brosur khusus tabungan
pensiun, sales promotion (promosi penjualan), personal selling
(penjualan pribadi), dan publicity (publisitas). Selain itu, strategi
utama PT. Bank Syariah Mandiri KC Pontianak Ahmad Yani dalam
memasarkan tabungan pensiun adalah dengan cara mengunjungi
langsung rumah nasabah dan kantor-kantor sasaran untuk
menawarkan produk dengan menggunakan sistem jemput bola; d.)
Place (Tempat) dari segi tempat adalah dengan cara memilih lokasi
yang strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat luas. 2) Strategi
financing produk dana pensiun pada PT Bank Syariah Mandiri KCP Pontianak Ahmad
Yani di Kota Pontianak adalah dengan menggunakan Marketing Mix 4P,
di antaranya yaitu: a.) Product
(Produk), dari segi adalah
memberikan pembiayaan khusus kepada pensiunan pada produk
dana pensiun ini yang bersifat konsumer (multi guna); b.) Price
(harga) dari segi harga pada penyaluran dana produk dana pensiun
dengan adanya pembiayaan kepada pensiunan yang harga nya di
tentukan dari gaji dan umur nasabah tersebut untuk mendapatkan
besarnya pembiayaan yang didapatkan; c.) Promotion (promosi) dari
segi promosi advertising (periklanan) pada, sales promotion
(promosi penjualan), personal selling (penjualan pribadi), dan
publicity (publisitas). Selain itu, strategi utama PT. Bank Syariah
i2
Mandiri KC Pontianak Ahmad Yani dalam memasarkan pembiayaan
pensiun adalah dengan cara mengunjungi langsung rumah nasabah
dan kantor-kantor sasaran untuk menawarkan produk dengan
menggunakan sistem jemput bola; d.) Place (tempat) dari segi
tempat adalah dengan cara memilih lokasi yang strategis dan
mudah dijangkau oleh masyarakat luas.