STRATEGI PEMASARAN IKAN ARWANA DI DESA GUDANG HILIR SELIMBAU KAPUAS HULU

Show simple item record

dc.contributor.advisor Fachrurazi, Fachrurazi
dc.contributor.advisor Zarkasih, Zarkasih
dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Hidayat, Samsul
dc.contributor.author ZAHRI, ASWIN
dc.date.accessioned 2024-04-05T04:31:57Z
dc.date.available 2024-04-05T04:31:57Z
dc.date.issued 2024-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4566
dc.description.abstract Aswin Zahri, "Strategi Pemasaran Ikan Arwana Di Desa Gudang Hilir Selimbau Kapuas Hulu"Skripsi. Pontianak: Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Pontianak. 2022. Penelitian ini dilatarbelakangi dari strategi pemasaran ikan arwana di Desa Gudang Hilir Selimbau Kapuas Hulu dalam memasarkan ikan arwana dan strategi penetapan harga yang dilaksanakan dalam upaya meningkatkan volume penjualan ikan arwana di desa gudang hilir supaya dapat berkembang dan semakin diminati masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Strategi pemasaran budi daya ikan arwana di desa Gudang Hilir Kecamatan Selimbau. 2) Strategi penetapan harga yang dilaksanakan dalam upaya meningkatkan volume penjualan ikan arwana di desa gudang hilir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah bapak M. Yamin dan Andika sedangkan triangulasi dari penelitian ini adalah Supriadi dan Faisal Khan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Strategi Pemasaran yang diterapkan dalam pemasaran ikan arwana di desa Gudang Hilir Kecamatan Selimbau adalah dari segi Media Sosial karena akses wilayah yang jauh dan target pasar yang luas, dengan strategi menggunakan sosial media memberikan banyak manfaat bagi para peternak untuk melakukan proses penjualan bisnisnya, media sosial berperan penting untuk dapat menjangkau dan memasarkan bisnis ikan arwana lebih jauh. Dilihat dari segi kualitas menjaga kualitas menjadi salah satu strategi perternak untuk menciptakan dan mendapat kepuasan konsumen. Dengan selalu memperhatikan kualitas diharapkan dapat menjaga konsumen tetap dan mendapatkan banyak konsumen baru dari pesan-pesan positif yang disebarkan oleh para pelanggan. Dan juga memberikan pelayanan retur atau garansi pengembalian kembali jika barang yang diterima tidak sesuai dengan kesepakatan bersama. 2) strategi penetapan harga dalam upaya meningkatkan volume penjualan ikan arwana di desa gudang hilir dengan memperhatikan kualitas, biaya produksi dan profitabilitas sebagai dasar penetapan harga yang dilakukan oleh para peternak ikan Arwana desa Gudang hilir, selain menjadi dasar penetapan harga jual ikan, strategi penetapan harga ini juga menjadikan peningkatan laba bersih dan mampu menutup biaya produksi. Selain itu penetapan harga berdasarkan kualitas dan jaminan kompensasi mampu meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan dan tentunya berdampak terhadap volume penjualan ikan Arwana. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi Pemasaran en_US
dc.title STRATEGI PEMASARAN IKAN ARWANA DI DESA GUDANG HILIR SELIMBAU KAPUAS HULU en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account