Abstract:
Penelitian berjudul “Islam Sufistik: Studi Filologi Atas Naskah Muhammad
Asád Selakau, Sambas” ini dilatarbelakangi oleh sebuah keprihatinan bahwa upaya
mengumpulkan dan mengkaji naskah-naskah lama di Kalimantan Barat belum
mendapat perhatian yang memadai. Mendesaknya upaya melestarikan dan
memanfaatkan naskah-naskah Nusantara di Kalimantan Barat setidaknya didasarkan
pada tiga hal. Pertama, banyaknya informasi penting berkaitan dengan seluk-beluk
kepercayaan dan kehidupan yang terkandung dalam naskah-naskah tersebut. Naskah
lama dapat memberikan kesaksian ihwal sosial, budaya, agama, dan politik secara
langsung kepada kita melalui bahasa yang tertuang di dalamnya. Kedua, sudah
semakin rapuhnya kondisi fisik naskah tersebut seiring dengan perjalanan waktu.
Kondisi ini jika dibiarkan, akan mengakibatkan punahnya sebuah sumber penting yang
merupakan kekayaan intelektual Indonesia. Ketiga, upaya penelitian, khususnya
melalui penerjemahan dan alih aksara, akan membantu generasi sekarang untuk dapat
menyelami isi kandungan naskah yang ditinggalkan oleh generasi terdahulu.
Penelitian ini berupaya mengurai corak tasawuf dalam naskah Muhammad
Asád Sambas. Penelitian ini bertujuan untuk mengurai beberapa hal, yaitu: (1) Isi
naskah Muhammad Asád. (2) Corak tasawuf dalam naskah Muhammad Asád. (3)
Bagaimana latar belakang penulis dan setting sosial penulisan naskah Muhammad
Asád.
Untuk mengurai tiga hal di atas, penelitian ini menggunakan metode filologi
dan sejarah. Data utama penelitian ini adalah naskah yang ditulis oleh Muhammad
Asád. Untuk melengkapi data dokumen ini juga dilakukan wawancara dengan pihakpihak yang mengetahui asal-usul naskah tersebut.
Penelitian ini berhasil melakukan terjemahan dengan anotasi berupa variasi
bacaan/terjemahan dari dua teks lain. Secara umum naskah yang berisi 32 halaman ini
berisi unsur-unsur pengamalan ibadah dan suluk. Secara khusus naskah yang selesai
ditulis pada tanggal 29 Rabiul Awal 1280 H merupakan salinan dari al-Hikam karya
Ibnu ‘Athaillah al-Syakandari ini menyebutkan pentingnya salat. Berbeda dengan salat
dalam pandangan para fuqaha yang lebih mementingkan syarat dan rukun formal dari
ibadah itu, dalam naskah ini salat harus ditegakkan bukan hanya dilaksanakan. Salat
yang ditegakkan adalah salat yang bersamaan dengan penyucian hati. Salat merupakan
sarana untuk bermunajat dan pembersihan batin. Dengan demikian salat itu selain
merupakan sarana berbakti kepada Tuhan, juga membawa efek kesucian lahir dan
batin, menjadikan pelakunya lebih baik. Sebaliknya salat tanpa penghayatan rohaniah
akan merupakan suatu kegiatan yang kurang bermakna, kering dan tidak akan
membawa perubahan bagi pelakunya. Dilihat dari coraknya, secara umum naskah ini
umumnya bercorak filsafat, namun tidak seperti al-Hallaj, Ibnu Arabi dan para tokoh
tasawuf falsafi yang lainnya. Pemikiran dalam naskah ini tidak mengedepankan konsep
ketuhanan yang dialektis tetapi lebih banyak menjadikan Tuhan sebagai pangkal dan
akhir seluruh niat, aktivitas dan tujuan makhluk. Selain itu, penelitian ini juga telah
berupaya memaparkan latar belakang penulis dan situasi sosial tempat naskah itu
ditemukan. Penulisan/penyalinan naskah ini bisa dilihat dari konteks sejarah
perkembangan Islam di Nusantara khususnya dan dunia pada umumnya. Lahirnya
kecenderungan pengamalan tasawuf yang juga diiringi dengan upaya pewarisan ilmu
tersebut melalui tradisi tulis dapat dijelaskan dengan teori umum mengenai masuknya Islam ke Nusantara. Di Sambas Awal abad ke-18, masa berkuasanya sultan Sambas ke-
3 yaitu Muruhum Adil atau Raden Miliya bin Raden Bima bergelar Sultan Umar
Aqamaddin I (1114-1140H/1702-1727M), Islam dengan corak tasawuf itu telah masuk
dan berkembang di Sambas. Di antara ulama yang terkenal di Sambas pada masa itu
adalah Syaikh Abdul Jalil al-Fatani, berasal dari Patani. Ia dimakamkan di daerah
Lumbang, Sambas, dan sampai sekarang makamnya dikenal sebagai Keramat
Lumbang. Oleh karena itu, wajar jika Muhammad Asád yang lahir pada awal abad ke-
19 tertarik untuk mendalami Tasawuf.