Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana: 1). Hasil belajar siswa di
kelas IV SDI Al-Aziz sebelum menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dan media
bergambar. 2).Proses kegiatan belajar siswa di kelas IV SDI Al-Aziz saat menggunakan
strategi pembelajaran eskpositori dan media bergambar. 3). Hasil belajar siswa kelas IV
SDI Al-Aziz setelah menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dan media
bergambar. 4). Peningkatan hasil belajar siswa di kelas IV SDI Al-Aziz sebelum dan
setelah menggunakan strategi ekspositori dan media bergambar.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan deskripsi kuantitatif. Lokasi penelitian ini
bertempat di SDI Al-Aziz. Populasi penelitian ini berjumlah 25 siswa kelas IV SDI Al-
Aziz. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes formatif, dan dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan mean dan presentase klasikal.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan: 1). Hasil belajar siswa pada
materi IPS pembelajaran tematik sebelum menggunakan strategi pembelajaran ekspositori
dan media bergambar pada kegiatan pra siklus memperoleh nilai rata-rata 53,6. Terdapat
8 siswa diantaranya yang memperoleh nilai diatas KKM (32%), sedangkan 17 siswa tidak
tuntas (68%) yaitu masih dibawah KKM. Sehingga tingkat keberhasilan siswa termasuk
dalam kategori kurang. 2). Proses kegiatan belajar saat menggunakan strategi
pembelajaran ekspositori dan media bergambar pada materi IPS pembelajaran tematik,
dengan langkah-langkah: a. Guru menyampaikan judul tema pembelajaran, b. Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, c. Guru membagikan lembaran
materi pembelajaran, d. Guru memperlihatkan kepada siswa, media bergambar. e. Guru
mendemonstrasikan materi pelajaran dengan menunjukkan media gambar pergambar
sesuai dengan yang dijelaskan oleh guru, f. Guru mengecek pemahaman siswa dengan
cara memberikan umpan balik, g. Guru memberikan tugas untuk bahan evaluasi. 3). Hasil
belajar siswa pada materi IPS pembelajaran tematik setelah menggunakan strategi
pembelajaran ekspositori dan media bergambar pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi
74,4, kemudian pada siklus II menjadi 89,2. 4). Terdapat peningkatan terhadap hasil
belajar siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dan media
bergambar. Pada pra siklus nilai siswa 53,6 menjadi 74,4 pada siklus I, pada siklus II
menjadi 89,2. Persentase ketuntasan siswa saat pra siklus (32%), meningkat pada siklus I
menjadi (56%), pada siklus II juga mengalami peningkatan sebesar (92%), dengan target
persentase kreteria ketuntasan minimal 75% dan rata-rata minimal 73.00 sehingga
tingkat keberhasilan siswa termasuk dalam kategori sangat baik.