Abstract:
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik,
penggunanan metode dan media pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan
hasil belajar sangat dibutuhkan baik secara internal maupun eksternal, namun
kenyataannya di lapangan guru hanya menggunakan media buku pegangan guru
dan buku pegangan siswa saja dan jarang menggunakan media pendukung yang
tepat sehingga prestasi belajar peserta didik masih ada yang belum mencapai nilai
KKM.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar peserta
didik kelas III A sebelum menerapkan metode story telling yang divariasikan
dengan media wayang (2) untuk mengetahui proses pembelajaran menggunakan
metode story telling yang divariasikan dengan media wayang (3) untuk
mengetahui hasil belajar peserta didik setelah menerapkan metode story telling
yang divariasikan dengan media wayang peserta didik kelas III A (4) adakah
peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan metode story telling
yang divariasikan dengan media wayang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Subjek penelitian adalah siswa kelas III A yang berjumlah 32 siswa. Untuk
mendapatkan data penelitian menggunakan lembar observasi dan pengukuran.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : 1).Hasil belajar
peserta didik sebelum menggunakan metode story telling yang divariasikan
dengan media wayang kelas III A masih terdapat 14 dari 32 peserta didik yang
belum mencapat KKM 70.00. 2). Proses pembelajaran menggunakan metode story
telling yang divariasikan dengan media wayang pada materi kewajiban dan hakku
sangatlah cocok sehingga efektif terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik,
hal ini dapat dilihat dari antusias siswa saat belajar karena menggunakan metode
dan media yang membuat pembelajaran lebih menarik.3). Hasil belajar peserta
didik setelah menggunakan metode story telling divariasikan dengan media
wayang pada siklus I memperoleh rata-rata 73.7, dan pada siklus II nilai rata-rata
peserta didik meningkat menjadi 84.2, pada siklus ke II . 4). Terdapat peningkatan
hasil belajar peserta didik yang signifikan dengan menggunakan metode story
telling yang divariasikan dengan media wayang pada tema 4 kelas III A dari
siklus I hingga siklus II rata-rata sebesar 15.7. Keberhasilan di atas dapat
membuktikan hipotesis, bahwa penggunaan media story telling yang divariasikan
dengan media wayang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada
pelajaran tematik kelas III A SD Plus Bina Empat Lima Pontianak Timur.